Rabu, 26 Juni 2013

Kurangi Menonton Televisi

Beberapa hari ini lagi hobi baca buku, tepatnya jenis novel roman. Tau sendiri kan kalau novel-novel luar negeri itu romantis abis J Bayangin ya, dalam satu hari aku bisa melahap satu novel. Kalau aja baca buku kuliah juga secepat itu pasti tiap semester aku bisa dapat IP 4 hahahaahaaa :D
Memang dari dulu aku suka membaca. Tapi entah kenapa beberapa bulan ke belakang jadi agak malas. Buku “Chairul Tanjung si Anak Singkong” yang Mama beli bulan 1 lalu, sampai sekarang belum aku sentuh. Padahal dulu aku sempat mencari buku itu di toko-toko buku tapi belum keluar. Dan tiba-tiba aja waktu itu, pas aku pulang dari rumah teman, si Mama memberikan buku itu. Senangnya bukan kepalang. Tapi baru aku baca beberapa halaman. Dan ini semua gara-gara koleksi film yang semakin numpuk di laptop dan menunggu untuk ditonton. Tapi lucunya, beberapa hari ini aku malah keranjingan baca buku dan sebentar lagi sepertinya buku “Chairul Tanjung si Anak Singkong” juga akan aku baca sampai halaman terakhir J
Tapi ya, walaupun aku suka menonton, entah kenapa sekarang ini aku malaaaaaaas sekali menonton sebuah kotak ajaib bernama “TELEVISI”. Kenapa? Karena program-program sekarang kebanyakan membosankan dan datar, hampir sebagian besarnya mirip antara satu dan yang lain. Belum lagi porsi iklan dalam setiap program-program acaranya. Kadang saking bosannya ngeliat iklan, sampai aku hitungin itu iklan berapa buah di setiap jeda program acaranya. Bukan berarti aku nggak suka melihat iklan, tapi kadang porsi iklan yang terlalu besar membuat aku jenuh dan bosan. Pada dasarnya kan kita menghidupkan televisi karena ingin mendapatkan informasi dan hiburan. Tapi ketika porsi informasi/hiburan dan iklannya sebanding, hal itu tentu aja membuat kita bosan dan akhirnya apa? Tentu saja berpindah channel TV. Dan ketika aku berpindah channel TV, aku selalu lupa untuk kembali ke channel sebelumnya x_x
Dari semua channel TV, yang paling sering aku tonton adalah MNC music (suka lihat video-videonya), Metro TV (suka sama informasinya yang selalu aktual, ada program favorit aku kayak Kick Andy, Mata Najwa, Stand Up Comedy, Mario Teguh), Diva Universal (koleksi film baratnya seru, juga ada yang drama series nya), FoxCrime (program-program tv nya di sini keren-keren), National Geographic juga oke-oke informasinya terutama mengungkap fakta-fakta yang nggak pernah kita tahu, KBS (banyak koleksi film-film korea terbaru), SCTV (itu program FTV nya jadi favorit aku). Tapi bisa dibilang aku sangat jarang menghidupkan televisi. Kalau di rumah, aku lebih suka di kamar dengan koleksi film-film yang aku punya, baca buku, atau menjelajah dunia maya. Sekarang aku bahkan nggak tahu apa program TV favorit orang-orang. Seperti X-factor, indonesian idol, atau master chef yang sering disebut orang-orang di twitter misalnya. Aku bahkan nggak pernah mengikuti tayangan-tayangan itu. Entah kenapa sejak masuk jurusan komunikasi dan tahu bagaimana pengaruh dan dampak media televisi terhadap masyarakat, sejak saat itu aku mulai membatasi diri untuk tidak terlalu sering menonton televisi. Dan sejak Kak Mena pulang dari Surabaya, dia juga jadi tidak terlalu sering menonton. Dia lebih sering belajar speaking di youtube, atau belajar listening di laptop. Jadi bisa di bilang di rumah yang menonton hanya Mama, itupun hanya pada malam hari. Kalau Bapak paling nonton kalau pas ada tayangan bola, atau berita aja.  

Bukan berarti televisi itu nggak bagus loh, tapi jangan terlalu sering dilihat, karena bisa membuat kita terpedaya. Karena nggak semua yang diperlihatkan media itu benar-benar adanya. Terutama tayangan-tayangan seperti sinetron. Buat aku sinetron itu sangat tidak mendidik. Peran-peran tokohnya dibuat sejahat mungkin, sampai kadang kita yang menonton jadi ikut kesal pada pemeran antagonisnya. Aku ingat dulu waktu aku kecil ada satu sinetron laga yang memperlihatkan adegan bunuh-bunuhan gitu. Dan gara-gara menonton sinetron itu, aku jadi nggak bisa tidur dan merasa banyak orang jahat di sekeliling aku. Dan itu benar-benar menakutkan. Sampai akhirnya aku nggak berani lagi menonton sinetron itu. Jadi coba kalian bayangkan jika anak-anak kecil mengkonsumsi tayangan-tayangan sinetron yang penuh dengan tindak kejahatan, adegan-adegan percintaan, adegan-adegan yang penuh intrik, bisa dipastikan akan mempengaruhi sikap dan tingkah lakunya. Karena harus diingat jika anak-anak sangat suka meniru. Makanya bisa dilihat kan sekarang banyak anak-anak yang menyanyikan lagu-lagu orang dewasa, banyak anak-anak lelaki yang memperkosa temannya yang berlainan jenis, atau sekedar mencium temannya yang berlainan jenis. Helloooo?? Mereka masih anak-anak tapi sudah mengerti hal-hal seperti itu? Kalau sudah begitu siapa yang harus disalahkan? Pastinya yang harus disalahkan adalah orangtua. Kenapa tidak menjaga dan merawat anaknya dengan baik, terutama menjaga anaknya agar tidak menonton tayangan-tayangan orang dewasa. Jadilah orangtua cerdas, dan ikuti pertumbuhan anak-anak Anda. Jangan biarkan anak-anak sendirian dan menafsirkan segala hal sendirian. Ajak mereka belajar dan bermain, bimbing mereka. Karena usia dini adalah usia yang membutuhkan bimbingan, dan menginjak usia 10-15 tahun adalah usia ketika anak-anak lebih sering berada di luar rumah, sehingga kondisi lingkungan yang sangat mempengaruhi tingkah laku anak. Lingkungan yang baik akan menjadikan anak-anak tumbuh dengan baik dan lingkungan yang buruk akan membuat anak-anak terpengaruh untuk berperilaku buruk. 

Jumat, 21 Juni 2013

6 Pertanyaan Imam Ghozali

REPOST...
Dulu guru agama di sekolah pernah juga menanyakan 6 pertanyaan yang ditanyakan oleh Imam Ghozali di bawah ini kepada kami. Aku suka sekali mendengarnya. Makanya saat aku menemukan kembali pertanyaan-pertanyaan ini, langsung aku ketik ulang dan posting ke blog. Selamat membaca :)

Suatu hari, Imam Al Ghozali berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu Imam Al Ghozali mengajukan 6 pertanyaan.
Pertama,”Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?”. Murid-muridnya ada yang menjawab orangtua, teman, dan kerabatnya. Imam Ghozali menjelaskan semua jawaban itu benar, tetapi yang paling dekat dengan kita adalah “MATI”. Sebab itu sudah janji Alaah SWT bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati. (Ali imran : 185)
Pertanyaan kedua,”Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?”. Murid-muridnya ada yang menjawab gunung, bumi, lautan, dan matahari. Semua jawaban itu benar. Tapi yang paling benar adalah MASA LALU. Bagaimanapun kita, apapun kendaraan kita tetap kita tidak bisa kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran agama.
Pertanyaan ketiga, “ Apa yang paling besar di dunia ini?”. Murid-muridnya ada yang menjawab gunung, bumi, lautan, dan matahari. Semua jawaban itu benar kata Imam Ghozali. Tapi yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah “NAFSU” (Al A’Raf : 179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka.
Pertanyaan ke empat adalah, “Apa yang paling berat di dunia ini?”. Ada yang menjawab baja, besi, dan gajah. Semua jawaban itu benar, kata Imam Ghozali. Tapi yang paling berat adalah “memegang AMANAH” (Al Ahzab : 72). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi kalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT, sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak bisa memegang amanahnya.
Pertanyaan yang ke lima adalah,” Apa yang paling ringan di dunia ini?”. Ada yang menjawab kapas, angin, debu, dan daun-daunan. Semua itu benar kata Imam Ghozali. Tapi yang paling ringan di dunia ini adalah MENINGGALKAN SHOLAT. Gara-gara pekerjaan, kita tinggalkan sholat. Gara-gara meeting kita tinggalkan sholat.
Lalu, pertanyaan yang ke enam adalah, “Apakah yang paling tajam di dunia ini?”. Murid-muridnya menjawab dengan serentak, “pedang”. Benar, kata Imam Ghozali. Tapi yang paling tajam adalah “LIDAH MANUSIA”. Karena melalui lidah, manusia dengan gampangnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.

Semoga bermanfaat :)

Kamis, 20 Juni 2013

Kegiatan Penanaman dan Pembibitan Mangrove

Kemarin, hari Kamis (20/06/12), aku dan teman-teman relawan Sobat Bumi Aceh melakukan penanaman dan pembibitan tanaman Mangrove di Desa Ruyung, Aceh Besar. Lokasinya itu di daerah Krueng Raya. Kami menempuh perjalanan yang lumayan jauh juga, menghabiskan waktu sekitar 45 menit di perjalanan. Sekitar pukul setengah 11 kami mulai melakukan penanaman mangrove. Kami mengangkat bibit-bibit mangrove ke lokasi penanaman. Lumayan jauh juga kami harus berjalan kaki, dengan panas matahari yang menyengat. Proses penanaman berlangsung seru. Kami menanam di tanah-tanah berlumpur. Pakaian-pakaian yang kotor tak kami pedulikan lagi, bahkan sinar matahari menjadi teman kami hari itu. Rasanya menyenangkan sekali bisa melakukan hal positif untuk bumi. Dan di kemudian hari tanaman-tanaman itu juga bisa membantu perekonomian para nelayan di wilayah tersebut. Pukul dua belas siang proses pembibitan selesai dilakukan, kamipun kembali dan beristirahat sejenak, sebelum melanjutkan lagi kegiatan selanjutnya. Aku segera mencari air dan meneguknya. Rasanya air yang kuminum tak pernah cukup, ya mungkin saking lelahnya jadi dehidrasi J
Kemudian kami membersihkan kotoran-kotoran lumpur yang menempel di tangan, kaki, dan pakaian. Setelah itu dilanjutkan dengan makan siang yang dimasak oleh warga di desa itu. Enak sekali rasa masakannya. Ada kuah plik ue, ayam goreng, ikan asin goreng, mie goreng, dan kerupuk.
Wah saking laparnya rasanya seperti tidak makan setahun hahaaaaa :D Yah mungkin karena ini pertama kalinya aku menanam di tanah yang berlumpur. Aku jadi ingat dulu waktu kecil sering ikut nenek ke sawah, dan melihat orang-orang bertani. Mereka menanam padi di tanah-tanah berlumpur. Aku suka sekali terjun ke tanah itu dan bermain kotor-kotoran. Yah, momen kemarin kembali mengingatkan aku akan suasana dulu saat menemani nenek ke sawah. Rasanya seperti anak kecil yang baru melihat lumpur dan tertawa kegirangan. Satu kata yang bisa menggambarkan suasana kemarin adalah “seru”.

Pukul dua siang, kami melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu pembibitan tanaman mangrove. Di situ sudah tersedia polibex-polibex yang sudah diisi tanah. Juga ada bibit-bibit mangrove. Kami mengambil bibit-bibit itu dan memasukkannya ke dalam polibex. Ada 20000 bibit yang kami masukkan. Kami juga dibantu oleh para warga di desa tersebut. Mereka juga antusias dengan kegiatan ini, apalagi anak-anak kecilnya. Mereka begitu bersemangat membantu. Rasanya menyenangkan sekali memasukkan bibit-bibit itu ke dalam polibex. Dan beberapa bulan ke depan, kami akan datang ke desa itu lagi untuk melakukan penanaman mangrove lagi dari bibit-bibit yang telah kami masukkan ke dalam polibex tersebut.  Pukul setengah empat sore kegiatan selesai dilakukan. Alhamdulillah kami telah berhasil menanam 1000 tanaman mangrove dan melakukan 20000 pembibitan mangrove K
Acara kemarin benar-benar menyenangkan, karena di sana aku mendapat banyak teman dan pengalaman baru yang berwawasan lingkungan dengan melakukan hal positif untuk alam. Terimakasih Sobat Bumi Aceh telah memberikanku kesempatan bergabung dalam kegiatan ini :)






Caption: Melakukan pembibitan mangrove ke dalam polibex


        Caption: Melakukan Penanaman mangrove



        Caption: Foto bersama para relawan Sobat Bumi Aceh 




Caption: Tumpukan bibit dan tanaman mangrove yang akan ditanam







Sabtu, 15 Juni 2013

No Title

Hari ini aku mencoba ngopi di cafe yang baru dibuka, nggak baru-baru banget sih. Namanya “Tower”, lokasinya disamping KFC simpang lima, Banda Aceh. Tau sendiri kan kalau Aceh itu surganya warung kopi atau bisa juga disebut cafe internet. Saking banyaknya, kadang aku sampai bingung memilih tempatnya. Sebenarnya rata-rata cafe sama antara satu dengan yang lain, yaitu sama-sama tempat hangout yang selain menyediakan minuman dan makanan, juga ada fasilitas wifi gratis. Jadi mau internetan berapa lamapun nggak masalah. Tapi walaupun terlihat sama tentunya ada banyak perbedaan, terutama dalam hal pelayanan dan kecepatan internetannya. Kalau aku sih lebih mengutamakan nyari tempat yang memberikan suasana nyaman, pelayannya ramah-ramah, dan yang loading internetnya cepat.
Dan Cafe “Tower” ini terbilang cukup nyaman (bagi aku). Kenapa? Karena tempatnya luas, ada banyak sofa (karena aku lebih suka duduk di sofa, lebih santai, berasa lagi di rumah sendiri), dan loadingnya juga cepat. Aku buka youtube pun bufferingnya nggak lama. Dan yang kerennya dari cafe ini, para pelayannya difasilitasi dengan “tab”. Jadi setiap konsumen yang ingin memesan makanan akan dicatat didalam tab tersebut. Dan jika ada konsumen yang tidak membayar akan terdeteksi di tab tersebut. Wuihhhh, keren kan. Dari semua cafe yang pernah aku datangi, baru cafe ini yang menerapkan sistem tersebut. Jadi mereka bisa langsung tahu berapa aja makanan atau minuman yang tidak dibayar oleh konsumennya :)
Kita (aku dan Sari) duduk di situ sekitar 3 jam. Lalu kita memutuskan untuk jalan-jalan atau bahasa kerennya “window shopping” ke Hermes Mall. Sebenarnya sih niat awalnya cuma mau nanya-nanya harga kamera SLR, eh malah jadi nyelonong ke Matahari.
Dan saat kroscek harga kamera SLR terbaru, aku dapat kabar gembira. Kamera Nikon D3100 turun harga. Bulan lalu harganya masih 5.400.000 dan sekarang sudah turun menjadi 5.000.000 rupiah. Kalau kamera D3200 harganya 6.500.000 rupiah. Beda harganya padahal nggak terlalu jauh kan sama kamera Nikon D3100, tapi kamera D3200 itu 24 megapixel, sedangkan D3100 cuma 14 megapixel. Wuihhh dua kali lipat beda megapixel nya.Dan kata penjualnya, kalau dibanding Canon 650D, kamera Nikon D3200 itu lebih bagus. Cuma yang unggulnya dari Canon 650D yaitu touchscreen dan layarnya bisa diputar-putar. Hmmmmm, galauuuuuu x_x
Oke, lalu kita lanjut cuci-cuci mata di Matahari. Karena weekend jadi lumayan rame pengunjungnya. Apalagi di tempat-tempat yang ada diskonnya hingga 75%. Ada satu orang ibu yang saking semangatnya belanja, anaknya sudah ketiduran di sofa saking lamanya nunggu emaknya belanja, kasiaaaan...
Makanya bisa dibilang aku adalah orang yang paliiiiiing males sama yang namanya “belanja”. Apalagi kalau belanjanya harus berjam-jam, dari pagi sampai sore. Kalaupun belanja biasanya nggak pernah lama. Nggak lebih dari 3 jam. Kalau udah lebih dari itu, pasti kepala langsung pening atau rasa kantuk menyerang. Liatin deh kalau aku kelamaan “cuci mata” atau belanja, pasti mulut langsung nguap-nguap ngantuk.
Selesai dari situ sekitaran jam 4, dan kita mutusin buat makan lasagna di Asam Sunti, tempatnya di lantai satu hermes mall. Nama tempat makannya unik kan “Asam Sunti”. Itu bahasa aceh, kalau bahasa indonesianya aku juga kurang tahu. Tapi asam sunti itu adalah buah belimbing yang sudah dijemur dan diberi garam. Warnanya udah bukan lagi kuning tapi berubah jadi coklat tua. Nah, kalau di Aceh disebut “Asam Sunti”. Lasagna di Asam Sunti ini rasanya enak loh. Beda-beda tipis rasanya sama yang di Pizza Hut. Dan di sini harganya juga jauh lebih murah. Maklum harga promo. Seporsinya hanya 10.000 rupiah. Rasanya maknyuuuus :)
Sekitar pukul 5 kita pulang, dan aku langsung menuju ke 3in1 coffee di Lampineng karena mau jumpa sama anak-anak kelompok KKN kemarin. Udah lama nggak ngumpul sama mereka. Ada iki, bang jal, kak Nanda, dan beberapa abang-abang KKN lainnya. Tapi kak Tika sama Ira nggak bisa datang karena Ira udah pulang ke kampungnya dan kak Tika kurang enak badan karena baru mendapat kecelakaan. Get well soon Kak Tika cantiiiiik :)
Siap magrib, aku pulang ke rumah dan rumahnya masih gelap gulita. Ternyata semua penghuninya pergi ke rumah nenek karena ada acara, dan aku ditinggal sendirian. Okaaay, nggak apa-apa. Langsung mandi dan cuuuuuus nonton film. Akhirnya udah bisa nonton film lagi karena final udah selesaaaaaai. No, i’m free, welcome holiday. Tapi nggak boleh senang dulu karena ada tugas yang menunggu yaitu nyari “judul skripsi”. Okay, semoga saya bisaaaaa, wish me luck, guys :)

Rabu, 12 Juni 2013

Ayo Jadi Sobatnya Bumi !

Alhamdulillah, akhirnya beberapa hari lagi final selesai dan libur menanti. Harusnya sih finalnya udah siap semua tapi karena kemarin dosennya berhalangan jadilah finalnya diundur ke hari jum'at. Jadi final terakhir hari jumat besok (14/06/13). Siap itu libur panjang dong yaa.
Oya, alhamdulillah aku lulus seleksi jadi relawan Sobat Bumi. Ada sekitar 340 peserta yang mendaftar jadi relawan dan yang diterima ada sekitar seratus orang, setelah melewati tahap wawancara.
Dan programnya itu, nanti kita akan menanam 10.000 tanaman manggrove di Desa Ruyung, Aceh Besar. Memang tidak langsung sekaligus 10.000 pohon tapi akan dicicil dan dilakukan pertahap. Dalam jangka waktu setahun. Melihat bagaimana kondisi bumi hari ini yang semakin memprihatinkan, sudah seharusnya kita melakukan sesuatu untuk bumi. Kita harus lebih aware dengan keadaan lingkungan kita saat ini. Di Aceh misalnya, cuacanya sudah tidak menentu. Kadang panas, kadang hujan dan disertai angin kencang. Dan parahnya lagi, suhu panas di Aceh saat ini sudah mencapai titik yang mengkhawatirkan. Si onyong aja baru balik ke sini beberapa hari, langsung komentar, "Panas kali banda aceh ini, pengen balik ke jawa aja lagi lah."
Dosen IAD aku juga pernah bilang bahwa kondisi bumi yang sudah seperti ini sudah tidak mungkin bisa disembuhkan lagi. Tapi yang bisa kita lakukan sekarang adalah menjaga agar bumi tidak semakin parah. Ya, apapun yang kita lakukan sekarang tidak mungkin mengembalikan bumi menjadi sehat, tapi paling tidak satu langkah kecil kita bisa menyelamatkan bumi agar tidak semakin terpuruk. Karena ini semua demi anak-cucu kita di masa mendatang. Makanya sejak belajar IAD beberapa tahun lalu, aku concern untuk tidak membuang lagi sampah sembarangan, mengurangi penggunaan kantong plastik dan kertas. Ada satu kejadian yang begitu menyentilku, itu terjadi saat aku kelas 1 SMA. Guru native speaker ku di sekolah dulu adalah seorang berkebangsaan Australia. Suatu hari aku melihat dia memungut kertas sampah yang tergeletak di lantai dan memasukkannya ke dalam tas ranselnya. Dan ketika dia membuka tas ranselnya, ternyata ada beberapa sampah lainnya yang ia masukkan ke situ. Dia tidak tahan melihat sampah-sampah bergeletakan di sembarang tempat. Melihat kejadian itu begitu mengharukan buatku. Dia yang non-muslim bahkan lebih bersih dari kebanyakan orang muslim. Dia menerapkan kata pepatah "Kebersihan sebagian dari iman". Sejak melihat itu, aku mulai menerapkannya dalam kehidupanku sehari-hari. Jika ingin membuang sampah dan aku tidak menemukan tong sampah maka sampahnya akan aku simpan dulu di dalam tas, baru kemudian aku buang di tong sampah. Begitu juga saat aku ke supermarket, jika barang-barang belanjaanku muat di tas maka aku lebih memilih memasukkannya sekaligus ke dalam tas daripada menggunakan plastik supermarket tersebut. Itu adalah hal-hal kecil yang terus aku terapkan hingga saat ini. Dan semoga dengan bergabungnya aku di dalam kegiatan Sobat Bumi ini menjadi langkah awal untukku melakukan hal-hal besar kedepannya untuk bumi tercinta ini. Okay, guys, cintai bumi, karena itu salah satu bentuk rasa terimakasih kita karena telah hidup dan tinggal di muka bumi ini. Ayoo jadi sobatnya bumi !! Kalau bukan kita, siapa lagi??? :)

Sabtu, 08 Juni 2013

Fotografer dan Model Dadakan

Hari Jumat kemarin (070/6/13) seharusnya aku final mata kuliah "Fotografi". Tapi dosennya berhalangan hadir karena katanya lagi ada musibah.
Padahal kita udah belajar motret, susah gilaaaaa. Finalnya bukan teori tapi praktek, jadilah kita harus belajar cara memotret dan menghasilkan gambar yang baik dan benar.
Sayangnya, aku selalu lupa dengan apa yang udah diajarin. Yah itu mungkin juga karena aku nggak terlalu suka motret, nggak ada bakat jadi fotografer :)
Dan ini dia sedikit hasil jepretannya dan untuk sementara kita-kita yang jadi model-model narsis hahaahahaaaa :D





Caption : Dari kiri (Aku, Dara, Mila, Sofie, Sari)


Nah ini hasil jepretannya mbak Ina, thanks a lot mbak fotografer :)

Rabu, 05 Juni 2013

Si Onyoooooong go home !!

Daaaaaan, besok si onyoooong balik ke Aceh setelah hampir 7 bulan buat aku jadi anak tunggal di rumah. Semua tanggung jawab dia selama 7 bulan itu dilimpahkan buat aku, Great! :)
Mulai dari kawanin nenek ngambil gaji pensiun setiap bulan, kawanin mama pulang ke rumah nenek setiap weekend, dan banyak lagi deh. Oh, I really really miss you dear :*
Untung dia agak gaptek jadi nggak bisa baca tulisan ini. Kalau enggak, males banget kan lihat dia kepedean disangkain "orang penting" :p
Dia baik banget deh, beli semua list oleh-oleh yang aku minta (katanya sih). Mulai dari tas, baju, celana, sepatu, jam, gelang, jilbab, bakpia patok (my favorit cookies), dan J.co :)
Wuiiiih baik banget ya si onyoooooong, I love you full deh nyooong :*
Oke jadi besok harus jemput dia di bandara jam 4 sore. Of course, I can
Tadi pas aku telepon, dia nya lagi sibuk beli oleh-oleh karena katanya gara-gara list oleh-oleh yang aku minta kebanyakan, dia jadi lupa beli buat teman-temannya. Pokoknya I love you sista :*

Selasa, 04 Juni 2013

Publisitas

Publisitas adalah informasi yang disampaikan (dipublikasikan) tanpa perlu membayar ruang-ruang pemberitaannya/penyiarannya yang bertujuan untuk menarik perhatian dan mempengaruhi tingkah laku publik serta mengakibatkan terbentuknya citra di masyarakat.
Publisitas : tidak berbayar, melalui media, relatif short them (jangka waktu pendek), relatif susah untuk dikontrol.
Kelebihan publisitas yaitu:
-lebih kredibel (dapat dipercaya).
-lebih natural.
-informasinya mempunyai nilai berita (news value).
Cara mengukur publisitas dengan:
-Banyak tidak banyaknya dipublikasikan.
-Dimana dipublikasikan.
Macam-macam publisitas:
-feature article
-caption photo
-news release
-press conference
-special event
Kampanye publisitas yaitu sebuah upaya yang dilakukan secara terencana, terprogram, memiliki sumberdaya yang memiliki tugas yang jelas dan dapat dievaluasi hasilnya. Umumnya erat kaitannya dengan publisitas politik atau advokasi isu tertentu.
Persamaan Kampanye dan Propaganda yaitu  secara operasional keduanya sama-sama melakukan kegiatan komunikasi yang terencana untuk mencapai tujuan tertentu dan berupaya mempengaruhi khalayak sebagai sasarannya.

Perbedaan Kampanye dan Propaganda:
Kampanye
Propaganda
a.Suatu kegiatan komunikasi dua arah
b.Dilakukan terbuka
c.Waktunya terbatas atau jangka pendek
d.Program yang jelas
e.Narasumber dapat diidentifikasi
f.Cenderung berkonotasi positif

Contohnya: Kampanye politik atau kampanye
hidup sehat.
a.Komunikasi satu arah
b.Dilakukan terselubung(sembunyi-sembunyi)
c.Waktunya jangka panjang
d.Narasmubernya tidak jelas atau tersembunyi
e.Cenderung berkonotasi negatif


Contoh: Kepentingan agama, politik, militer, dll.
Misal dilakukan melalui film.

Tujuan kampanye yaitu:
a.Public Awareness ialah menciptakan “kesadaran publik” terhadap sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan sosial. Misal: Perda laranga merokok di tempat umum.
b.Offer Iinformation ialah “menawarkan informasi” yang lebih mendalam tentang suatu program kepada publik melalui; brosur, majalah, bantuan tenaga ahli (konsultan). Misal: pencegahan virus flu burung.
c.Public education ialah “mendidik publik” secara emosional yang tetap bersikap etis dan wajar didukung dengan materi kampanye tentang informasi dan tujuan suatu program yang bersifat persuasif atau bernilai pendidikan. Misal: anti kekerasan terhadap anak.
d.Reinforce The Attitudes and Behavior ialah memperkuat nilai-nilai atau ingin mengubah perilaku publik. Misal: pencegahan penularan penyakit HIV/Aids.
e.Behavior Modification ialah memodifikasi/ingin merubah perilaku masyarakat. Misal kampanye penggunaan seat belt dan helm.
Jenis-jenis kampanye yaitu:
1.Product - Oriented Campaigns adalah kegiatan komersial kampanye terhadap peluncuran suatu produk baru. Misal: pergantian nama National ke Panasonic atau perubahan logo produk.
2.Candidate - Oriented Campaigns adalah kegiatan kampanye publik. Misal: kandidat caleg DPR/MPR
3.Ideological or Cause – Oriented Campaigns adalah ide/gagasan kegiatan kampanye perubahan sosial. Misal: program KB nasional, anti narkoba, atau pelestarian lingkungan hidup.
Bentuk Komunikasi Kampanye :
-Komunikasi interpersonal
-Komunikasi kelompok
-Komunikasi massa

Teknik kampanye:
a.Participating yaitu keikutsertaan dalam kegiatan kampanye dengan tujuan untuk menumbuhkan saling pengertian, kerjasama, dan toleransi.
b.Association yaitu menyajikan isi kampanye yang berkaitan dengan suatu peristiwa atau objek yang tengah ramai dibicarakan agar dapat memancing perhatian masyarakat.
c.Integrative yaitu menyatukan diri dengan publik secara komunikatif dengan menggunakan kata-kata “kita, kami, Anda sekalian..” mencitrakan bahwa apa yang disampaikan bukan untuk kepentingan komunikator  atau sepihak tetapi untuk kepentingan bersama.
d.Pay Off Technique (ganjaran) yaitu mempengaruhi publik dengan suatu ganjaran atau menjanjikan sesuatu dengan “iming-iming hadiah” dengan 2 kemungkinan : benefit atau kegunaan (bertujuan untuk menumbuhkan kegairahan), dan ancaman/kekhawatiran/sesuatu yang menakutkan (bertujuan untuk membangkitkan rasa takut bila hal tersebut akan terjadi di kemudian hari.
e.Icing Technique yaitu teknik ini diumpamakan menata balok es menjadi bentuk yang menarik. Penyampaian pesan ditata sedemikian rupa sehingga enak dilihat, didengar, dibaca, dirasakan.
f.Empathy ialah menempatkan diri dalam posisi publik, ikut merasakan dan “peduli” situasi atau kondisi publik.
g.Coersion Technique ialah kampanye yang lebih menekankan pada suatu “paksaan” yang dapat menimbulkan rasa ketakutan atau kekhawatiran bagi publik yang tidak mau tunduk melalui sebuah ancaman.

Sabtu, 01 Juni 2013

Hari ini...

Hai semua..
Mau dengar ceritaku hari ini?
Hmmm, Pagi-pagi alarm sudah setia membangunkan aku namun sayangnya tidak begitu berhasil, agak bergeser setengah jam dari waktu yang aku setel pertama. Jangan heran.. itu setiap pagi terjadi padaku. Sampai kadang-kadang waktu kuliah terlewat cuma gara-gara aku mengabaikan bunyi alarm dan akhirnya "dia" ngambek dan nggak mau berbunyi lagi. Kelanjutannya gimana? Yah, aku telat ngampus :)
Nah, setelah bangun, aku langsung mandi dan siap-siap ke kampus. Saat jam menunjukkan pukul 9 kurang beberapa menit, aku mau bergegas keluar tapi udah duluan dicegat sama mama buat sarapan. Yup, ini juga salah satu penyakit aku sampai sekarang. Suka lupa sarapan pagi (lebih tepatnya pura-pura lupa). Lagi asik-asiknya sarapan sambil ngobrol sama mama tiba-tiba teman aku whatsapp kalau bapak udah masuk dan aku buru-buru minum (nggak sempat ngunyah lagi) dan langsung manasin sepeda motor dan cawwww ke kampus yang jaraknya cuma sekitar 3 KM dari rumah.
Mata kulaih pagi ini "Program Siaran Radio dan Televisi". Lagi sibuk merhatiin dosen ngajar, eh temen yang belakang manggil, trus bilang "liat twitter". Okelah langsung aku buka dan liat mention-mentionnya udah banyak. Kampret memang mereka, pagi-pagi sudah merusak citra :(
Tapi tetap fokus dong ya belajar, walaupun jadi agak berisik juga ngobrol sama mereka sampai nggak merhatiin dosen (maaf ya pak, peacee :D )
Dari semua mata kuliah, ini termasuk mata kuliah favorit aku loh, sius deh :)
Soalnya dosennya keren dan smart. Dan walaupun aku manggil "bapak", jangan kalian bayangin dosen udah beristri yang rambutnya udah beruban terus berkumis lele. hahaaaa
Dia masih muda, prediksi aku mungkin usianya sekitar 30, mungkin loh, bisa jadi lebih muda :)
And he's so cuteeee, dan buat aku jadi semangat ngampus. Khusus hari sabtu bangun nggak pake telat, disetel alarm satu jam lebih cepat untuk meminimalisir terjadinya keterlambatan bangun :D
Daaaaan senangnya hatiku akhirnya liat pak dosen lagii..
lalaala, aku senang sekaliii doraemoooon :D

Setelah itu, lanjut masuk mata kuliah advertising. Setelah kurang lebih sebulan lamanya dikasih waktu untuk membuat iklan, akhirnya hari ini kita menayangkan hasil kerja kita selama sebulan ini. Dan hasilnya keren-keren semua. iklan-iklannya gokiiiiil :D
Idenya ada-ada aja, teman-teman semua kreatif, salut untuk kita semua :)
Sekitaran pukul 12 siang aku pulang dan ngantarin mama ke rumah nenek. Di sana duduk-duduk bentar terus pamit pulang ke rumah tapi disuruh bunda makan dulu. Pertama nolak sih karena mata udah ngantuk banget mau cepat-cepat pulang dan tidur sebentar, tapi yaudah deh biar mereka senang jadi aku makan dulu. Masakan nenek enaaak banget, saing-saingan sama masakan mama.

Sorenya aku mandi dan bersiap-siap mau makan mie kakek. Udah nggak sabar rasanya, dari kemarin malam ngidam pengen makan mie kakek. Kenapa aku bilang mie kakek? Bukan karena yang buatnya kakek aku looh. Tapi karena penjualnya udah tua. Mie gorengnya itu enaaak banget. Pedasnya poool.
Mie kakek berlokasi di depan MIN Peukan Bada.
Dimanapun aku makan mie aceh nggak ada yang seenak itu. Selain itu harganya juga jauh lebih murah daripada harga mie aceh di tempat-tempat lainnya. Di situ mie aceh seporsi cuma 6000. Dulu pas pertama aku pergi malah cuma 5000. Kakek punya mesin pembuat mie kuning sendiri makanya mungkin harga mie acehnya bisa lebih murah. Ada kepiting kecil-kecil lagi di dalam mie nya, enak deh pokoknya. Maknyuuuusss :)
Nggak lupa aku beliin mie acehnya buat mama dan bapak di rumah.
Karena udah mau magrib, akhirnya kita pulang. Aku antarin Mila ke radio OZ terus siap itu langsung meluncur ke rumah. Nyampe rumah nyuruh mama sama bapak nyobain dan si mama lahap banget makannya. Katanya "apa nggak enak, mie nya pedes, bumbunya juga terasa'' hahahaaa, si mama suka juga rupanya :)
Oh iya, kak Mena udah nyampe ke Jogja, berarti nggak lama lagi dia balik ke Banda Aceh. Waaaaa kangen banget sama si onyoooong ini, kakakku satu-satunya. Setelah hampir 7 bulan dia membuat aku jadi anak semata wayang di rumah, akhirnya dia bakal pulang ke rumah.
Ini ceritaku hari ini, udah dulu yaa :)