Sabtu, 17 Desember 2011

Apakah kita "Baik"? Who knows..

Baik adalah satu kata yang memiliki makna yang berbeda bagi setiap orang. Meskipun standar dari “baik” itu sendiri tentu ada. Namun banyak orang yang mempersepsikan kata “baik” berdasarkan pengamatan ataupun penilaian yang dia tentukan sendiri. Artinya apa yang saya anggap baik, belum tentu orang lain juga menganggapnya baik. Dan apa yang saya anggap buruk, belum tentu orang lain juga berpendapat sama. Terkadang kita menilai seseorang baik, tergantung bagaimana perilaku seseorang tersebut terhadap kita. Misalkan si A berlaku sopan dan ramah pada saya maka saya akan menganggapnya baik. Namun bisa saja orang lain menganggap si A sebaliknya.
Dalam hidup ini, selalu saja ada orang yang membenci dan menyayangi kita, begitupun sebaliknya, selalu saja ada orang yang tidak kita sukai dan yang kita sukai. Dan terkadang perasaan tidak suka itu sangat sulit dikendalikan. Mau marah, nggak enak. Diam saja juga makan hati.
Namun, saya mengingat kata-kata dosen saya bahwa seburuk apapun seseorang itu yang penting think positif. Yah, berpikirlah positif. Karena dengan begitu hati menjadi tenang, damai, dan terhindar dari rasa benci (tercela). Karena manusia tiada yang sempurna. Hari ini kita tidak menyukai orang lain, mungkin di tempat lain ada orang yang juga tidak menyukai kita. Jangan menganggap diri paling baik karena tidak ada orang yang benar-benar baik.
Karena ketika saya menganggap seseorang buruk, maka mungkin dia atau orang lain pun menganggap saya demikian. Dan saya sadar bahwa saya sangat jauh dari kata baik. Banyak kesalahan yang telah saya lakukan. Dan saya sadar bahwa saya bukanlah teman yang baik. Oleh sebab itu, saya sangat senang jika ada teman-teman yang mau mengkritik dan mengingatkan saya, daripada menggunjing dibelakang, akan lebih baik jika diutarakan didepan. Pertama, berpahala karena sudah jujur, dan kedua, hati menjadi tenang. Namun satu hal yang harus di ingat bahwa jika ingin mengkritik seseorang gunakanlah kata-kata yang sopan agar tidak menyinggung dan yang paling penting adalah lihat dan identifikasikan karakter teman yang ingin dikritik. Karena tidak semua orang mau dan sanggup menerima kritikan. So, be carefull J
Saya pribadi sangat menghargai setiap kritikan yang diberikan teman-teman, karena dengan kritikan itulah saya bisa mengintrospeksi diri agar bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Karena kritikan adalah suatu proses menuju kemajuan. Tanpa kritikan, seseorang tidak akan pernah maju, karena dia tidak pernah tahu dimana letak kesalahannya. Orang yang sukses adalah orang yang mau menerima kritikan dan belajar dari kesalahan. Karena kita sebagai manusia bukanlah makhluk sempurna, sering melakukan hal-hal yang tidak baik, sering mengeluarkan kata-kata yang tanpa sadar menyinggung orang lain, selalu memperhitungkan untung rugi, iri hati, dengki, sombong, dan banyak perilaku-perilaku tercela lainnya. Diharapkan dengan setiap kritikan dan nasehat yang datang, kita dapat menjadi manusia yang lebih baik dan sukses di kemudian hari. Amin J

Tidak ada komentar: