Kamis, 03 Mei 2012

Cara Belajar


Orang-orang cenderung belajar ketika mau midterm atau ujian final. Misal besok mau midterm, malam ini baru deh buka buku buat belajar. Ada yang masuk tapi ada juga yang tersumbat entah dimana. Alhasil besoknya pas midterm atau ujian berdoa-doa aja apa yang dipelajari semalam masih nyangkut di kepala, bukannya malah hilang entah kemana J
Aku juga termasuk dalam deretan orang-orang yang belajarnya sehari sebelum ujian. Kenapa? Jawabannya aku pun nggak tahu J
Nah, kalau aku belajarnya itu biasanya tengah malam. Saat suasana hening dan sepi, disitulah waktu yang sangat baik untuk aku belajar. Atau bisa juga di pagi hari setelah subuh. Insyallah kalau belajar jam segitu lebih mudah dipahami dan cepat dicerna ke dalam kepala J
Cara aku belajarnya adalah sekitaran pukul 8 malam itu aku mulai membuka-buka bahan kuliahnya. Bukan hanya dibuka tapi juga dibaca dan dipahami maknanya.
Lalu aku catat bagian-bagian yang penting, bisa dibilang prediksi soal yang mungkin akan ditanyakan saat ujian. Setelah selesai mencatat poin-poin pentingnya, aku baca lagi dan tidur sejenak.
Tepat tengah malam aku bangun dengan bantuan alarm tentunya dan mulai belajar kembali. Lebih bagusnya sih shalat malam dulu, biar lebih terbuka pikiran sebelum belajar dan rasa kantuk bisa hilang. Setelah itu baru deh mulai belajar dengan tenang. Di ulang-ulang dan dipahami artinya. Nggak perlu dihafal, yang penting kita tahu makna dari setiap poin-poin yang sudah kita catat.

Analisis Simantik

Perkataan Simantik berasal dari kata Yunani yang berarti makna (meaning) atau untuk menandakan (to signify) sesuatu. Simantik ialah ilmu yang mempelajari tentang makna dalam perkataan atau bahasa.

Persepsi manusia berkaitan:
-Perkataan
-Pemikiran (image)
-Tingkah laku (bagaimana tingkah laku manusia dipengaruhi oleh perkataan, baik itu dinyatakan oleh orang lain ataupun tercetus di dalam pikiran sendiri).

Cara Melakukan Analisis Simantik
-Memilih surat kabar yang akan di analisis
-Memilih tema yang akan di analisis
-Melihat perkataan yang digunakan
-sumber yang digunakan
-ketergantungan media :
Ideology (Asas)
Politik
Ekonomi

Hayakawa Mengkaji 3 kategori kenyataan yang sering membawa kontroversi dalam proses mencapai objektivitas dalam penulisan :
1.      Kenyataan laporan (2 x  2 = 4)
2.      Kenyataan tanggapan (analisis wartawan sendiri)
3.      Kenyataan hukuman (hukuman dari wartawan melalui berita)
Tujuan analisis Simantik adalah bagaimana kita berkongsi makna yang ada pada kita dengan orang lain. Teks yang sama akan dicernakan sama oleh individu lain.

Menurut Stuart Chase (1954): Ada 3 tujuan dari ilmu simantik :
1.      Untuk membantu manusia dalam menilai perkataan.
2.      Untuk meningkatkan komunikasi antara satu dengan yang lain.
3.      Untuk nilai terhadap fenomena sesuatu.

Metodologi Analisis Simantik
-Analisis penelitian kualitatif atau teks kualitatif.
-Lazarsfeld dan Harold Lasswell mengatakan pemerintah AS mampu menganalisis teks media
 Jerman untuk mendapatkan gambaran mengenai negara tersebut.

Contoh Kerangka Analisis Simantik

Media dan Edisi
Berita
Sumber
Analisis Simantik





Tidak ada komentar: